Tutorial: Surat Kuasa Pengambilan Ijazah SMP


Syarat-syarat untuk membuat Surat Kuasa Pengambilan Ijazah SMP



Untuk membuat surat kuasa pengambilan ijazah SMP, Anda memerlukan beberapa dokumen sebagai syarat. Dokumen-dokumen tersebut antara lain:
1. Surat permohonan kuasa yang ditujukan kepada kepala sekolah
2. Fotokopi kartu identitas pemilik ijazah
3. Fotokopi kartu identitas kuasa
4. Fotokopi ijazah SMP
5. Materai


Langkah-langkah membuat Surat Kuasa Pengambilan Ijazah SMP



Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat surat kuasa pengambilan ijazah SMP:
1. Tulis surat permohonan kuasa yang berisi identitas pemilik ijazah, identitas kuasa, dan alasan mengapa ijazah tidak dapat diambil secara langsung oleh pemilik. Surat permohonan kuasa ditujukan kepada kepala sekolah.
2. Sediakan fotokopi kartu identitas pemilik ijazah, fotokopi kartu identitas kuasa, dan fotokopi ijazah SMP.
3. Tempelkan materai pada surat permohonan kuasa.
4. Serahkan semua dokumen tersebut ke sekolah yang menerbitkan ijazah SMP.


Contoh Surat Kuasa Pengambilan Ijazah SMP



Berikut adalah contoh surat kuasa pengambilan ijazah SMP:
[Alamat Pemilik Ijazah]
[Tanggal]
Kepada Yth.
Kepala SMP [Nama Sekolah]
Di [Alamat Sekolah]
Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama : [Nama Pemilik Ijazah]
Nomor Induk Siswa : [NIS Pemilik Ijazah]
Kelas : [Kelas Pemilik Ijazah]
Bermaksud mengajukan permohonan kuasa untuk mengambil ijazah SMP atas nama saya kepada pihak sekolah, dengan data kuasa sebagai berikut:
Nama : [Nama Kuasa]
Nomor Identitas : [Nomor Identitas Kuasa]
Alasan saya tidak dapat mengambil ijazah secara langsung adalah karena [alasan]. Saya telah menyerahkan fotokopi kartu identitas saya, fotokopi kartu identitas kuasa, dan fotokopi ijazah SMP.
Demikian surat permohonan kuasa ini saya buat dengan sebenar-benarnya.
Hormat saya,
[Nama Pemilik Ijazah]


Kesimpulan



Surat kuasa pengambilan ijazah SMP adalah dokumen penting yang dibutuhkan jika pemilik ijazah tidak dapat mengambilnya secara langsung. Untuk membuat surat kuasa ini, Anda perlu memenuhi beberapa syarat dan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas. Pastikan dokumen-dokumen yang Anda siapkan lengkap dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku agar surat kuasa Anda dapat diterima dengan baik.

close